Mudahnya Mereset Password pada Akun Google (Untuk Pemula)

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat saja, dan hal tersebut sangat berpengaruhi pada kehidupan manusia dalam bidang komunikasi. Di zaman dahulu, orang-orang sangat susah sekali dalam mengirimkan surat kepada teman atau kerabat mereka. Misalkan dulu anda ingin mengirimkan email, butuh beberapa hari agar email tersebut sampai ke tangan penerima. Namun saat ini, semua itu sudah digantikan yang namanya email.

Dengan adanya email, kita dapat mengirim surat kepada orang lain cukup beberapa detik saja. Salah satu layanan email yang paling populer adalah gmail atau kepanjangannya adalah google mail. Layanan email besutan google ini memiliki banyak sekali pengguna yang tersebar dari berbagai penjuru dunia. Gmail ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya dapat terhubung dengan semua produk google seperti yotube, playstore, google drive dan lain sebagainya. Membuat email di gmail tentu saja sangat mudah, namun ada beberapa kendala atau masalah jika anda ingin mereset ulang password gmail anda karena lupa.

Reset Password Gmail dengan Mudah

mengganti password gmail

Mudahnya reset akun gmail

Semua orang pasti pernah mengalami lupa akan sesuatu, salah satunya password akun email mereka. Untuk mereset ulang password gmail anda, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, yang pertama anda harus hafal alamat email anda, yang kedua anda harus memastikan nomor ponsel yang anda hubungkan ke google aktif dan dapat diakses. Berikut tutorial mengatasi lupa kata sandi gmail dengan mudah:

1. Kunjungi halaman login gmail seperti biasanya, alamat adalah gmail.com. Kemudian masukkan alamat email anda, formatnya kurang lebih seperti ini: namaanda@gmail.com. Jika sudah kemudian pilih tombol Next.

2. Langkah selanjutnya adalah mengklik link Forgot password yang terletak di bawah kolom password. Link tersebut akan membawa anda ke halaman reset password.

3. Halaman selanjutnya akan menyuruh anda memasukkan password terakhir yang anda ingat. Jika ana ingat password terakhir anda, silakan anda masukkan disini. Jika tidak, silakan pilih Try a different question.

4. Pada langkah nomor 4 ini anda disuruh untuk memasukkan nomor ponsel yang sebelumnya sudah anda atur sebagai alat untuk memulihkan akun gmail anda. Pastikan nomor tersebut aktif dan dapat digunakan, jika nomor tidak aktif atau sudah mati, mustahil google dapat mengirimi anda kode verifikasi yang dibutuhkan untuk mereset ulang password anda.

5. Jika anda sudah memastikan nomor ponsel tersebut benar, pilih Send text message seperti yang telah saya beri tanda panah. Cek ponsel anda, google akan mengirimi anda kode verifikasi.

6. Masukkan kode verifikasi yang telah dikirim google ke dalam form yang telah disediakan. Kemudian pilih Next untuk masuk ke langkah selanjutnya.

7. Pada langkah terakhir ini anda disuruh untuk membuat password gmail anda yang baru. Pastikan password yang anda buat nanti memiliki kombinasi angka dan simbol, namun mudah anda ingat. Sangat tidak disarankan untuk membuat password yang susah dihafal, karena tidak bagus untuk kedepannya. Terkahir pilih Change password.

Selamat, password anda sudah berhasil direset dan akun email anda sudah dapat digunakan kembali. Pastikan juga anda menambahkan email pemulihan pada akun gmail anda. Sama halnya dengan nomor ponsel, email pemulihan ini sangat dibutuhkan jika suatu hari nanti anda mengalami lupa password gmail, namun nomor ponsel hilang atau sudah tidak aktif, nanti anda bisa menggunakan email pemulihan ini untuk mereset password gmail anda.