Akuntansi dan Fungsinya di Dalam Bisnis Anda

Memiliki bisnis apa pun, entah dalam skala kecil atau besar, selalu meminta peran seseorang yang ahli dalam pengelolaan uang untuk mengatur dan memberi laporan. Dalam perusahaan atau suatu bisnis tertentu, peran seperti itu selalu dipegang oleh akuntan alias orang yang ahli di bidang akuntansi. Tidak sembarangan orang mampu menjadi akuntan, karena selain harus memiliki pengetahuan pengelolalan keuangan yang mumpuni, juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keberlangsungan perusahaan. Jika mau merangkumnya, fungsi akuntansi dalam bisnis Anda bisa dikategorikan ke dalam hal-hal seperti di bawah ini.

Akuntansi dan Fungsinya di Dalam Bisnis Anda

Akuntansi dan Fungsinya di Dalam Bisnis Anda

  1. Informan Keuangan Perusahaan
    Tidak bisa dipungkiri, hal utama yang membuat akuntansi sangat penting sekaligus rawan adalah karena perannya yang besar. Terutama adalah karena bisa menyajikan informasi seputar keuangan bisnis Anda. Informasi ini akan dipakai dalam banyak hal, mulai dari berapa nantinya pengeluaran di bulan selanjutnya, taget pemasukan berikutnya, bahkan berapa dana yang harus disisihkan untuk membayar pajak.
    Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau yang biasa disingkat UMKM juga tak luput dari pembayaran pajak UMKM. Oleh sebab itu, tidak hanya menyasar pengusaha bisnis skala besar, akuntansi memang harus diterapkan pada semua bisnis yang sedang berjalan. Untuk memudahkan penghitungan, biasanya perusahaan setidaknya memiliki software akuntansi hingga aplikasi pajak.
  2. Akuntansi Mengontrol Keuangan Bisnis Anda
    Melanjutkan fungsinya sebagai pemberi informasi keuangan, akuntansi juga berperan untuk mengontrol keluar dan masuknya uang perusahaan. Anda akan mampu mengendalikan pengeluaran yang dibutuhkan untuk modal, gaji karyawan, pajak, hingga pengeluaran tak disengaja yang berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Banyaknya hal yang harus diatur oleh akuntan tersebut, tak jarang menjadi rumit dan tidak sesuai jika akuntan yang Anda pekerjakan tidak kredibel. Sehingga banyak perusahaan besar yang memasang aplikasi keuangan untuk membantu kerja para akuntan.
  3. Informasi Akuntansi adalah Pertimbangan Penting Pemegang Saham
    Apabila Anda memiliki perusahaan atau bisnis yang ditopang oleh para investor atau pemegang saham, Anda tentu harus selalu meng-update informasi keuangan perusahaan. Besar atau kecil keuntungan serta kerugian perusahaan harus dibuat secara transparan, karena info inilah yang dijadikan patokan apakah pemegang saham akan bertahan dengan perusahaan Anda, atau malah mengalihkannya ke perusahaan lain.
    Inilah yang membuat seorang akuntan tak bisa main-main dalam pemilihannya. Para akuntan ini memegang peranan penting, sebab pemasukan maupun pengeluaran yang didapat perusahaan, sama saja dengan nyawa bisnis perusahaan tersebut. Bahkan jika memungkinkan, penggunaan software pembukuan bisa sangat membantu karena menyediakan informasi keuangan yang lebih akurat daripada perhitungan manual.
  4. Akuntansi adalah Jembatan Kerjasama Antar Bisnis
    Penggabungan fungsi-fungsi di atas akan membukakan jalan bagi bisnis Anda ke depannya, apakah di mata pihak luar perusahaan Anda menarik untuk diajak kerja sama atau tidak. Sehingga dalam perancangan akuntansi manajemen hingga akuntansi keuangan, termasuk akuntansi UKM, seyogyanya dibuat sebenar-benarnya tanpa manipulasi dan kekeliruan.