Mengintip Kebesaran Budaya Jawa di Museum Sonobudoyo

Peradapan Jawa tumbuh dan berkembang dari abad ke abad mulai dari sebelum jaman Mataram Hindu hingga saat ini. Saat ini Yogyakarta dianggap salah satu pusat peradapan Jawa karena di kawasan ini berbagai macam seni budaya tumbuh subur dari generasi ke generasi. Sejak jaman Mataram Kuno hingga sekarang era Keraton Yogyakarta, budaya Jawa tetap lestari walau harus menghadapi tantangan jaman yang tidak mudah. Banyak warisan budaya yang masih bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari namun banyak juga yang tersimpan di dalam museum. Salah satu meseum yangmenyimpan sejarah perkembangan budaya Jawa adalah Museum Sonobudoyo.

Museum Sonobudoyo adalahmuseum sejarah dan kebudayaan Jawa yang ada di Kota Jogja. Koleksi museum ini sangat banyak dan termasuk nerupa bangunan arsitektur Jawaklasik. Seperti museum pada umumnya Sonobudoyo menyimpanbanyakkoleksi tentang budaya dan sejarah budaya Jawa. Museum ini yang dianggap sebagai museum paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta. Koleksinya antara lain berupa artefak pada zaman neolitik seperti kapak, gerabah, dan masih banyak lagi. Selain itu ada jugabenda-benda peninggalan Kerajaan Mataram Hindu dan Buddha berupa patung perunggu dari abad ke-8. Tidak hanya itu museum ini juga memamerkanberbagai macam tokoh wayang kulit, senjata kuno seperti keris, parang, tombaj dan lain sebagainya. Terdapat pula berbagai macam topeng Jawa di museum ini.Museum ini berdiri pada 1924dan masih lestari hingga sekarang.

Museum ini terbagi menjadi dua unit hal itu karena banyak koleksi yang ada namun tempatnya kurang mencukupi. Bagi yang ingin melihat pertunjukan wayang bisa datang kemuseum unit 2 karena pada malam hari (20.00 – 22.00) tempat ini menampilkan pertunjukan wayang kulit. Pertunjukan di tampikan secara ringkas namun tetap dalamformat aslinya yaitu dengan mengunakan cerita aslinya dengan bahasa Jawa dan diiringi oleh musik gamelan.

LokasiMuseum Sonobudoyo:

Museum Sonobudoyo terdiri dari 2 unit,  Unit I berlokasi di Jalan Trikora No. 6 Yogyakarta, sedangkan Unit II terdapat di Ndalem Condrokiranan, Wijilan. Lokasinya pas di sebelah timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Museum ini lokasinya di tengah kota sehingga mudah menjangkaunya. Bagi wisatawan yang ingin datang dalam jumlah besar bisa rental bus wisata Jogja.

Tips Wisata Museum Sonobudoyo:

  1. Gunakan pakaian yang sopan.
  2. Pakailah alas kaki yang nyaman.
  3. Jagalah kebersihan kawasan museum.
  4. Harap tenang selama berkeliling.