Cara Menulis Surat Formal

Surat resmi – Mereka dapat membentuk persepsi orang lain tentang Anda, memberi tahu pembaca tentang masalah serius, atau memberi Anda pekerjaan. Ada dua jenis utama gaya surat bisnis: gaya blok dan Gaya Manajemen Administratif (AMS). Gaya blok adalah format surat formal yang paling umum digunakan; ia memiliki salam dan penutup, dan bagus untuk surat untuk bisnis yang Anda lamar atau seseorang yang pernah Anda temui sebelumnya. Gaya AMS lebih ringkas dan lebih baik untuk memo internal dan situasi di mana Anda harus sangat langsung.

Contoh Surat Formal
Contoh Surat Konfirmasi Resmi
Contoh Email Resmi ke Bos
Contoh Surat Permohonan Maaf Secara Formal
Metode 1
Edit
Menulis Huruf Gaya Blok Tradisional


(1). 
Tulis alamat pengirim dan nomor telepon di sisi kiri atas halaman. Jika Anda mewakili perusahaan, tulis alamat perusahaan. Jika Anda pengirim, tulis alamat Anda. Tulis alamat jalan Anda di baris kedua. Tuliskan kota, negara bagian, dan kode pos Anda pada baris di bawahnya. Sertakan telepon Anda di bawah alamat Anda. [1]
Dalam kasus di mana Anda mewakili bisnis, Anda dapat menempatkan logo dan alamat Anda tepat di tengah halaman. Pastikan untuk memusatkannya agar terlihat seragam.  Jasa Pendirian PT

(2). 
Tempatkan tanggal tepat di bawah alamat pengirim. Harus satu baris di bawah alamat pengirim (dua pengembalian keras pada keyboard). Tanggal ini penting karena dua alasan: jika Anda mencoba membuat orang atau organisasi itu menyelesaikan tugas tepat waktu (mengirim gaji, memperbaiki pesanan, dll.), Itu akan memberi mereka kerangka waktu untuk bekerja dengan atau jika Anda perlu menyimpan salinan surat untuk alasan hukum atau keturunan, tanggalnya mutlak diperlukan.
Jika Anda menulis dalam gaya Blok Modified, semuanya diformat ke kiri kecuali untuk tanggal dan penutupan. Saat menulis tanggal, tab ke tengah halaman dan tempatkan tanggal di tengah. [2]

(3). 
Tempatkan nama penerima satu baris di bawah tanggal (dua pengembalian keras pada keyboard). Sertakan jabatannya (Tuan, Ibu, Nona, Nona, Dr. dll.). Ikuti nama penerima dengan jabatannya. Di bawah nama, tulis nama perusahaan. Satu baris di bawahnya, tulis alamat jalan penerima. Pada baris berikutnya, tuliskan kota penerima, negara bagian, dan kode pos. [3]
Jika Anda tidak tahu judul penerima, lakukan penelitian latar belakang atau hubungi perusahaan untuk mencari tahu. Selalu gunakan preferensi wanita (Mrs. Ms., Miss atau Dr.) Jika Anda tidak tahu preferensi wanita, gunakan Ms.

(4).
Berikan orang yang Anda beri salam. “Dear Sir / Madam” berfungsi dengan baik, atau jika Anda tahu nama orang tersebut, alamat mereka secara langsung; pastikan, bagaimanapun, bahwa Anda alamat mereka secara resmi menggunakan “Rev.”, “Dr”, “Mr.”, “Mrs.”, atau “Ms”, dan sertakan nama lengkap mereka jika diketahui. Tempatkan titik dua setelah salam dan tambahkan garis (dua pengembalian keras) antara salam dan bagian surat.
Jika Anda tahu si penerima dan biasanya memanggil mereka dengan nama depannya, tidak masalah untuk hanya menggunakan nama depan. (Ya Cody yang terhormat :)

(5).  
Tuliskan isi surat itu. Tubuh surat itu tidak perlu lebih dari tiga paragraf. Jika Anda tidak bisa mengatakannya dalam tiga paragraf atau kurang maka Anda mungkin tidak cukup ringkas. Ruang tunggal dan kiri membenarkan setiap paragraf di dalam tubuh.
Di paragraf pertama, tulis pembuka yang ramah dan kemudian sebutkan alasan atau tujuan surat itu. Potong langsung ke pengejaran.
Di paragraf kedua, gunakan contoh untuk menekankan atau menggarisbawahi titik Anda, jika memungkinkan. Beton, contoh nyata selalu lebih baik daripada contoh hipotetis. Pendirian PT
Di paragraf terakhir, ringkas secara singkat tujuan Anda secara tertulis dan sarankan bagaimana Anda ingin melanjutkan lebih jauh.

(6).  
Tandatangani surat Anda dengan salam yang sesuai. Sisakan ruang antara salam dan nama tercetak Anda untuk tanda tangan, jika memungkinkan. “Hormat saya,” “Hormat saya,” dan “Hebat,” semuanya sesuai. Sisakan ruang di bawah nama tercetak untuk tanda tangan Anda. Akhiri dengan judul Anda di bawah tanda tangan Anda jika berlaku.
Jika Anda menulis dalam gaya Blok Modifikasi, semuanya dibenarkan (sama dengan Gaya Blok) kecuali untuk tanggal dan penutupan. Tab ke tengah halaman dan kemudian tulis penutup Anda.

(7). 
Tambahkan kata ‘Enklosur’ di bawah blok tanda tangan atau jabatan pekerjaan Anda. Lakukan ini hanya jika Anda melampirkan materi lain, seperti resume atau jadwal, bersama dengan surat itu. Jika ada lebih dari satu barang ekstra, itu akan menjadi ide yang baik untuk daftar nama-nama barang yang dilampirkan.

Proofread surat Anda. Melakukan