Kiat Mengatur Biaya Cat Rumah Agar Lebih Efektif

Tahun berganti tahun, tanpa terasa rumah yang dulunya elagan nan cantik. Kini berubah menjadi kusam. Tak lain hal ini disebabkan oleh warna cat yang pudar. Bahkan tidak sedikit juga diantaranya yang telah mengelupas karena panas.

Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, maka tak ada cara lain kecuali mengecat rumah ulang. Walau pun mengecat rumah tidak diiringi dengan pembongkaran atau renovasi penuh, akan tetapi pada faktanya mengecat rumah membutuhkan biaya yang lumayan banyak.

Sehingga butuh sedikit memutar otak bagaimana caranya agar biaya yang digunakan untuk mengecat rumah bisa digunakan seefektif mungkin. Nah, bagi Anda yang ingin tahu caranya seperti apa. Silahkan simak tips berikut ini.

Tentukan Merek Cat Dinding

Berbagai merek cat di pasaran kini bisa Anda temukan. Masing-masing merek tentu saja memiliki spesifikasi yang berbeda. Dikutip dari situs homify, berikut adalah kualifikasi cat dinding yang dinilai memiliki kualitas terbaik.

-Tidak mengandung merkuri (Hg), timbal (Pb), timah hitam dan lem putih (ppAC).

-Merk cat terbaik mampu bertahan minimal 5 tahun. Oleh karena itu, pastikan Anda melihat review atau feedback pengguna dari merk cat tersebut.

-Apabila kotor, cat bermerk berkualitas umumnya bisa dibersihakan dengan basah

-Tidak mudah mengelupas, karena mengandung double UV protection.

Harga pada cat dinding eksterior rata-rata memang jauh lebih mahal ketimbang cat dinding interior. Karena bahan pada cat tersebut memang ditujukan untuk siap menghadapi medan berat, yakni musim panas dan musim hujan.

Mengatur Biaya Cat Rumah

Tidak hanya bertujuan untuk menekan pengeluaran, melakukan rancangan biaya untuk mengecat rumah juga dimaksudkan untuk mengelola waktu.

Mula-mula, kalkulasi luas dinding rumah menggunakan rumus (2 x tinggi x lebar ruang) + (2 x panjang x tinggi ruang)

Sekilas mengecat rumah seolah sangat mudah dilakukan untuk siapapun. Walau begitu, mengecat rumah sejatinya membutuhkan keterampilan tertentu. Anda yang belum ahli dalam bidang ini bisa meminta bantuan kepada jasa desain rumah Surabaya, apabila Anda sedang berdomisili di wilayah tersebut.

Siasat Dinding Rumah Bermasalah

Hal yang umum ketika Anda melakukan cat ulang pada rumah ialah mencabut bekas paku, serta menambal bekas lubang paku tersebut agar tampak sempurna.

Permasalahan tidak sampai disitu saja. Terdapat hal-hal lain yang harus Anda tutaskan agar masalah tersebut tidak berulang kembali ketika pengerjaan cat pada rumah telah selesai dilakukan.

Berikut ini solusi dari permasalah tersebut.

Cat dinding terkelupas : Cat dinding menggunakan alkali primer. Pastikan cat tersebut memiliki kandungan arcrylic, khususnya ketika Anda mengecat bagian dinding luar atau eksterior.