5 Manfaat Cabai Rawit Selain untuk Membuat Sambal

Manfaat Cabai Rawit

Cabai rawit merupakan salah satu tanaman yang dikategorikan sebagai sayuran, tanaman ini sering ditambahkan ke dalam suatu masakan untuk menambah cita rasa masakan tersebut. Rasa cabai yang pedas sering kali juga bisa menggugah selera makan sebagian orang hingga orang tersebut tidak bisa berhenti makan.

Cabai rawit sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis seperti cabai rawit hijau dan putih. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai penggugah rasa pada sebuah masakan, cabai rawit ternyata juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang bagus untuk tubuh kita. Cabai rawit mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin C, B1, B2 dan betakaroten atau provitamin A. Tips kesehatan apa saja yang bisa kita dapatkan dari cabai rawit? Simak artikelnya di bawah ini.

Manfaat Cabai Rawit untuk Tubuh

1. Memperlancar Pencernaan

Kandungan di dalam sebuah cabai rawit mampu menstimulasi sistem pencernaan manusia dengan meningkatkan arus produksi enzim dan asam lambung sehingga dapat mengatasi masalan pencernaan. Selain dapat membantu metabolisme makanan di dalam tubuh, cabai rawit juga dapat membantu Anda yang kesulitan buang gas.

2. Membantu Diet

Nah untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, bisa mengonsumsi cabai sebagai variasi dalam makanan Anda. Namun tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya secara berlebihan karena tentu akan membahayakan sistem pencernaan Anda. Dengan kemampuannya meningkatkan metabolisme, cabai mampu membantu proses pembakaran lemak berlebih yang ingin Anda hilangkan.

3. Sebagai Anti Kanker

Cabai rawit memiliki kandungan yang bernama capsaicin yang mampu menghilangkan sel kanker di dalam tubuh tanpa merusak sel-sel normal yang ada. Namun tetap tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan karena dapat menimbulkan masalah lain.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk Anda yang tidak nafsu makan, perlu diketahui bahwa menambahkan cabai ke dalam bahan makanan yang akan Anda konsumsi ternyata bisa meningkatkan nafsu makan. Meningkatnya nafsu makan seseorang dipengaruhi oleh meningkatnya produksi hormon endorphin dalam tubuh, nah cabai rawit ini mampu meningkatkan produksi hormon tersebut melalui kandungan capsaicin-nya.

5. Meredakan Influenza

Influenza atau flu merupakan penyakit yang sering menghinggapi seseorang, umumnya penyakit ini muncul di kala kondisi badan sedang tidak fit, saat musim hujan atau pada saat pergantian musim. Meski dianggap sebagai penyakit yang mudah hilang, terkadang flu juga bisa membawa dampak yang serius yang mengharuskan penderitanya untuk istirahat total.

Nah jika Anda sedang mengalami flu Anda bisa menggunakan cabai sebagai pereda flu dan hidung tersumbat, cara ini sudah sering dilakukan orang dengan mengonsumsi makanan dengan rasa pedas dari cabai rawit. Kandungan capsaicin dalam cabai lah yang mampu membuat lendir yang menyumbat pada hidung menjadi lebih encer dan flu terasa lebih reda.

 

Nah menarik bukan manfaat cabai rawit selain dimanfaatkan rasa pedasnya sebagai bahan makanan. Meski memiliki banyak sekali manfaat yang kita butuhkan, konsumsi cabai rawit juga harus tetap dibatasi karena sebagian orang tidak kuat dengan rasa pedasnya yang dapat menimbulkan masalah lain seperti masalah pencernaan.