5 Manfaat Lidah Buaya (Aloevera) Untuk Kesehatan

Lidah buaya atau yang biasa disebut aloevera adalah tumbuhan yang sudah tumbuh sejak ribuan tahun lalu dan sering digunakan oleh orang Indonesia sebagai obat penyubur rambut, perawatan kulit, dan penyembuh luka. Tumbuhan lidah buaya sering ditemukan pada kawasan gersang di Afrika.

Penggunaan lidah buaya sudah lama digunakan sejak zaman Mesir kuno dan dikenal sebagai tanaman keabadian. Seorang tabib bernama Dioscordes dari Yunani kuno menyebutkan bahwa lidah buaya adalah tanaman ajaib yang dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti radang tenggorokan, bisul, wasir, rambut rontok, dan kulit pucat.

5 Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya

1. Detoksifikasi

Lidah buaya bisa digunakan sebagai penetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah kandungan bernama gelatin pada lidah buaya yang dapat menyerap racun masuk dan membuangnya sewaktu buang air besar.

Cukup dengan mengonsumsi lidah buaya, maka Anda akan bisa mengeluarkan racun-racun yang mengendap pada tubuh.

2. Perawatan Kulit

Khasiat lidah buaya yang sering dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah kemampuannya untuk mencerahkan warna kulit dan mempercepat regenerasi sel-sel kulit mati.

Dengan begitu, maka kulit Anda dapat dipastikan bisa jauh lebih halus, lentur, dan elastis.

Selain itu, lidah buaya juga dipercaya bisa membantu menghilangkan jerawat, bekas luka, dan menjaga kelembaban kulit.

3. Bisul

Lidah buaya mempunyai sifat pelembab yang dapat memberikan nutrisi pada kulit. Sifat anti bakteri yang dimilikinya pun juga dapat mengurangi infeksi yang terjadi pada bisul.

Tetapi perlu dipastikan bahwa penggunaan lidah buaya mewajibkan kondisi bisul dalam keadaan bersih agar tidak menambah radang.

Untuk yang lebih aman, Anda bisa mencoba menggunakan obat bisul salep agar hasil yang didapatkan bisa lebih pasti.

4. Mengatasi Rambut Rontok

Sifat anti inflamasi dan anti mikroba yang dimiliki oleh lidah buaya bisa membantu untk mengurangi berbagai jenis infeksi yang terdapat pada rambut. Selain dapat mengatasi rambut rontok, penggunaan getah lidah buya juga bisa membuat tampilannya jauh lebih kuat dan halus.

Pertumbuhan rambut juga dirangsang oleh lidah buaya sehingga banyak orang yang mengalami kebotakan dan rambut rontok untuk mencoba pengobatannya.

5. Mengobati Luka

Apakah Anda pernah lihat lotion untuk kulit yang terbakar oleh matahari? Bahan dasar yang digunakan oleh lotion tersebut rata-rata dibuat dari aloevera.

Mengapa? Karena lidah buaya mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi peradangan kulit dan mencegah infeksi kulit lebih lanjut.

Luka bakar atau luka lebam bisa disembuhkan dengan mengoleskan getah lidah buaya.