Apa itu Panel SCADA System

SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) mengacu pada sistem kontrol industri yang memantau dan mengendalikan proses infrastruktur industri atau fasilitas seperti pembangkit listrik, produksi minyak dan gas, pengolahan air limbah, peternakan angin, sistem komunikasi besar, sistem manajemen bangunan dan sistem transportasi. Panel SCADA System yang khas terdiri dari Human Machine Interface (HMI), Remote Terminal Unit (RTU) atau Programmable Automation Controller (PAC), sistem komputer pengawasan, infrastruktur Jaringan yang menghubungkan sistem pengawasan ke Unit Terminal Jarak Jauh dan berbagai instrumentasi proses.

Sistem SCADA digunakan untuk melakukan akuisisi dan pengendalian data di tingkat pengawas; HMI biasanya digambarkan sebagai antarmuka pengguna lokal yang memungkinkan insinyur proses memanipulasi proses secara lokal dan melakukan pemrograman SCADA untuk menyesuaikan sistem. Akuisisi Data dimulai pada tingkat RTU atau PLC yang melibatkan pembacaan parameter oleh sensor yang dikirim ke sistem pengawasan SCADA. Data tersebut kemudian disusun dan diformat sedemikian rupa sehingga operator ruang kontrol yang menggunakan terminal antarmuka (HMI) dapat membuat keputusan pengawasan yang sesuai yang mungkin diperlukan untuk menyesuaikan atau mengganti kontrol PLC normal. Panel SCADA System juga memungkinkan operator mengubah pengaturan yang sesuai di tingkat RTU atau stasiun pusat. Kondisi yang mengkhawatirkan seperti suhu tinggi kemudian bisa direkam dan ditampilkan.

Programmable Automation Controller (PAC) adalah pengendali kompak yang menggabungkan fitur dan kemampuan sistem kontrol berbasis PC dengan PLC biasa. PAC dapat digunakan dalam sistem SCADA untuk menggantikan fungsi RTU atau PLC.