Informasi di sosial media wajib di filter terlebih dahulu

informasi

Dewasa ini segala informasi sangat mudah sekali menyebar, salah satu media yang mempercepat tersebarnya sebuah informasi adalah sosial media terutama facebook. Ironisnya kebanyakan masayarakat menelan mentah-mentah informasi yang ada, tanpa memfilter dan menkroscek kebenaran akan berita yang dia share di akun sosial media pribadi. Habbit masyarakat indonesia yang dengan mudah dan gampang menshare semua bentuk informasi tanpa mencek kebenarannya ini justru menjadi sasaran empuk bagi sebagian oknum yang memang memiliki maksud dan tujuan tertentu. Karena justru ironinya bagi sebagian orang memanfaatkan untuk mendalang pundi-pundi dollar bagi dirinya, tanpa memperdulikan akibat yang akan terjadi atas kelakukannya tersebut.

Kita sebagai pengguna internet atau netizen harus mulai pintar dalam menampung semua bentuk informasi yang masuk di lini masa ataupun di situs-situs berita. Salah satu caranya adalah dengan membaca sebuah informasi secara menyeluruh. Kebanyakan dari kita karena melihat informasi yang tersaji panjang lebar lantas tidak membaca secara menyuluruh dan dengan mudah dan gampang menklik tombol share. Karena sudah banyak kejadian isu – isu tidak mengenakan seperti diberitan beberapa artis telah meninggal, padahal nyatanya keadaan sang artis sehat walafiat dan ini tentu saja sangat tidak mengenakan. Tentu saja berita – berita hoax mengenai tokoh sosial atau artist tertentu sangat tidak mengenakan bagi dirinya. Untuk itu mulai sekarang kita harus lebih selektiv dalam menyerap informasi yang datang.

Dengan kemudahan akses internet memang adalah salah satu faktor yang menyebabkan overloadnya informasi yang kita terima, beragam informasi datang silih berganti menambah sesak halaman beranda sosial media kita. Biasanya kebanyakan orang membuka halaman sosial medianya pada jam-jam istirahat kantor, dari jam 12 siang hingga jam satu, atau pada saat malam hari selepas pulang kantor atau pulang dari rutinitasnya. Pada saat itulah beragam berita dan informasi banyak bermunculan. Bagi sebagian orang yang mencari uang (red : berbisnis), seperti jualan misalnya, memanfaatkan momentum ini sebagai waktu-waktu untuk jualan hehehe. Yapz soscial media yang bagi kebanyakan orang hanya menjadi sebagai sarana hiburan semata, namun bagi sebagian orang justru malah berfungsi sebagai ladang mencari atau mendulang pundi-pundi rupiah yakni dengan cara berjualan. So anda mau menyerap informasi atau akan membagikan informasi seputar produk anda ?? hehe. Apapun itu, jadilah pengguna internet atau netizen yang memiliki etika ya bro.